Forum

Notifications
Clear all

Quarter Life Crisis: Ketika Hidup di Seperempat Abad Menjadi Begitu Berat

pemilik271triliunwon
(@pemilik271triliunwon)
Member Moderator

Adakah yang pernah mengalami krisis identitas di usia seperempat abad?

Tidak hanya identitas, mungkin kamu bingung dengan apa yang sedang kamu lakukan sekarang.

Kamu sudah memiliki pekerjaan, tetapi bingung apakah ini jalan yang tepat untukmu.

Kamu sudah memiliki pasangan, tetapi bingung apakah ini pilihan yang tepat untukmu.

Kamu sudah memiliki keputusan atas hidupmu sendiri, tetapi kamu ragu apakah ini benar untukmu.

Di era serba cepat dengan segala kemudahan, melihat orang-orang yang bisa mendapatkan apa yang dia mau dan mudah pula kita lihat di layar kaca membuat kita bertanya-tanya ... "Benarkah ini yang aku mau?"

Silakan bercerita dan luapkan isi hatimu di sini. 

Kami tak menghakimi, tetapi kami bersyukur jika kamu ingin berbagi. 

Tertanda,

Orang Kaya.


Quote
Topic starter Posted : 25/07/2026 12:47 am
(@akulaharjunaaaa)
New Member

Gue pekerja rumahan, kalau bahasa sekarang freelance lah kali ya? 

Sebagai laki-laki memang pekerjaan gue lebih banyak di rumah, baik yang menghasilkan duit atau cuma bantu-bantu orang rumah. 

Gue gak iri dengan sahabat gue yang punya karir masing-masing, tapi gue sering bertanya-tanya ke diri gue sendiri, 

"Kira-kira mau sampai kapan lo begini?" 

Gue gak bisa jelasin detail apa job gue, pastinya gue selalu dibayar perprojek dan penghasilannya lumayan besar, sampai sekarang pun gue hampir jarang nganggur karena orang-orang udah tahu gue jadinya mereka banyak minta gue ngerjain projek mereka. 

Cuma gue sempat berhenti bentar di depan komputer gue. 

Sampai kapan ya gue begini? 

Di rumah gue, gue memang pencari nafkah utama. Nyokap gue tadinya jualan makanan katering tapi gue minta beliau berhenti karena gue kasihan, beliau gampang capek. Toh gue juga punya penghasilan.

Biaya sekolah dan jajan adek gue juga gue yang tanggung, tapi gue gak bisa bilang diri gue sebagai sandwich gen, karena ini emang permintaan dan kesadaran gue sendiri. 

Cuma ya, mungkin ada yang pernah ngerasain gini juga. 

Ada rasa 'kosong' di diri gue. Padahal semuanya serba cukup. Gue pikir juga gak ada yang kurang di hidup gue. 

Sampai akhirnya pertanyaan-pertanyaan gak penting jadi gue pikirin, padahal gak penting-penting amat. 

Biasanya sih gue ambil waktu buat rehat. Lo bayangin aja hampir 24 jam gue di depan komputer, sesekali keluar kamar buat ngecek orang rumah, makan, beres-beres, terus balik kerja lagi. Laughing Out Loud  


ReplyQuote
Posted : 12/08/2026 11:12 am
Share:
Scroll to Top